Menurut Calhoun & Acoccela (1990) bahwa konsep diri adalah gambaran mental individu yang berupa penilaian terhadap diri sendiri, pengetahuan terhadap diri sendiri dan pengharapan terhadap diri sendiri. Konsep diri mencakup semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui invidu berkaitan dengan dirinya yang dapat berpengaruh ketika berhubungan dengan orang lain. Hal-hal yang termasuk dalam bagian konsep diri di antaranya adalah persepsi individu terhadap sifat dan kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nialai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya. Apabila seseorang berpikir bahwa dirinya mampu, maka ia akan cenderung sukses dan apabila seseorang berpikir bahwa dirinya gagal maka ia telah mempersiapkan diri untuk gagal. Sehubungan dengan ini Calhoun & Acoccela (1990) menyatakan bahwa konsep diri juga merupakan bagian diri yang mempengerahui setiap aspek pengalaman, baik pikiran, perasaan, persepsi, dan tingkah laku individu. Konsep diri termasuk hal yang penting bagi siswa karena konsep diri menentukan bagaimana ia dapat bertindak dalam berbagai situasi.
Selanjutnya Cawagas (dalam Pudjijogyanti, 1988) menyatakan bahwa konsep diri merupakan penilaian seseorang secara menyeluruh mengenai dimensi fisik, karakteristik prbadi motivasi, kelemahan kepandaian maupun kegagalan yang dialaminya. Menurut Burns (1993) konsep merupakan suatu konfigurasi dari persepsi-persepsi yang terorganisasikan mengenai diri individu yang dapat masuk ke dalam kesadaran, Sedangkan William D. Brooks (dalam Jalaluddin Rahmat, 1986) menyatakan bahwa konsep diri merupakan penilaian mengenai totalitas psikis, sosial dan fisik berkaitan dengan dirinya yang berasal dari pengalaman- pengalaman dan interaksinya dengan orang lain.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa konsep diri adalah penilaian seseorang terhadap dirinya yang mencakup semua ide, pikiran, perasaan, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu berkaitan dengan dirinya melalui pengalaman dalam beriteraksi dan berhubungan dengan orang lain yang di masukkan kedalam kesadaran. Sehubungan dengan hal ini maka dapat dinyatakan bahwa konsep diri siswa adalah penilaian siswa terhadap dirinya yang mencakup ide, pikiran, perasaan, kepercayaan, pengetahuan dan pendirianya yang berlangsung secara disadari.
Konsep diri dapat dibagi menjadi dua macama sebagaimana dikemukakan Calhoun & Acoccela (1990) yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif.
1. Konsep diri positif
Konsep diri positif mengarah kepada penerimaan terhadap diri sebagaimana adanya dan bukan merupakan kebanggaan yang berlebihan. Konsep diri positif bersifat stabil dan bervariasi. Siswa yang memiliki konsep diri positif dapat memahami betul tentang keadaan dirinya, dapat memahami sejumlah fakta yang beranekaragam mengenai dirinya, dapat melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri dan dan dapat menerima keadaan orang lain. Selain daraipada itu, siswa yang memiliki konsep diri positif juga dapat merancang tujuan-tujuan yang sesuai dengan realaitas, yakni tujuan yang mempunyai peluang besar untuk dapat dicapai, mampu menghadapi masa depannya serta dapat menjadikan perjalanan hidup sebagai suatu pengalaman yang berharga. Pada dasarnya siswa yang memiliki konsep diri positif adalah siswa yang tahu betul siapa dirinya sehingga dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya serta dapat menerima segala kemungkinan atau resiko yang dapat ditimbulkannya.
2. Konsep diri negatif
Sehubungan dengan konsep diri negatif ini, Calhoun & Acoccela (1990) membagi menjadai dua tipe, yaitu:
- Tipe konsep diri negatif yang berupa pandangan individu terhadap dirinya benar- benar tidak teratur, tidak memiliki perasaan yang stabil dan keutuhan diri. Siswa yang mempunyai tipe konsep diri semcam ini merupakan siswa yang benar- benar tidak memahami siapa dirinya, kekuatan dan kelemahannya atau sesuatu hal yang berharga dalam dirinya.
- Tipe konsep diri negatif yang berupa pandangan individu terhadap dirinya sendiri secara berlebihan. Misalanya menggap dirinya terlalu stabil dan teratur.