Beranda · Artikel · Motivasi · Merdeka Belajar · Bahan Ajar · PTK · Pembelajaran

Dengan cara ini anda dapat dengan mudah menemukan masalah untuk PTK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, penelitian ini sebaiknya dilaksanakan oleh guru, artinya guru bertindak sebagai peneliti. Namun coba dilihat, ada berapa guru yang bisa melakukan PTK? Sangat sedikit. Bukan karena tidak mampu melaksanakan penelitian tetapi akibat sulitnya menemukan masalah yang harus diteliti.

Menemukan masalah yang diteliti bukanlah perkara mudah, butuh ketelitian, kejujuran dan ketelatenan membaca perkembangan siswa. Dari hasil analisis tersebut akan terungkap masalah yang perlu diteliti. Kendala yang sering dihadapi oleh guru adalah kebanyakan guru tidak menguasai aspek masalah yang diteliti karena kurangnya data dan informasi yang dibutuhkan.

Kesulitan itu sebenarnya dengan mudah dapat diatasi, guru dipersenjatai dengan silabus dan rpp, didalam silabus dan rpp terdapat indikator yang harus dicapai agar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tercapai pula. Untuk mengetahui ketercapaian SK dan KD dibutukan evaluasi atas hasil yang diperoleh oleh siswa.

Berdasarkan hasil evaluasi inilah, guru sebenarnya dapat menemukan masalah yang dapat dijadikan dasar untuk melaksanakan PTK.  Bila hasil evaluasi menunjukkan bahwa harapan atau target pencapaian tidak sesuai dengan kenyataan maka ada masalah yang perlu diteliti (PTK), sebaliknya bila target pencapaian sesuai dengan kenyataan maka tidak diperlukan PTK. Cukup mudah, guru hanya melihat kesenjangan yang terjadi, apakah harapan sesuai dengan kenyataan atau tidak.

Misalnya, anda sebagai guru memeriksa catatan siswa, ternyata sebagian besar siswa tidak memiliki catatan yang lengkap sesuai dengan harapan anda. Maka kemudian anda meminta siswa untuk melengkapi catatannya dan akan kembali diperiksa pada minggu depannya. Ketika anda kembali memeriksa catatan siswa hasilnya belum juga sesuai dengan harapan anda. Berarti ada masalah yang perlu diteliti (PTK-kan), tujuannya untuk mengetahui masalah dan kendala apa yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana solusi yang di tempuh oleh guru untuk mengatasi kurang lengkapnya catatan siswa pada mata pelajaran anda.


Dengan melakukan perbandingan atas hasil evaluasi tentang catatan siswa ini saja, kita sudah bisa melakukan PTK. Ini dapat kita lakukan pada hal-hal lain yang berhubungan dengan proses pembelajaran di kelas anda. Tentunya masih ada cara-cara lain yang bisa kita tempuh untuk bisa menemukan masalah sebagai dasar dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Dengan cara ini anda dapat dengan mudah menemukan masalah untuk PTK"

Post a Comment