Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang
bersifat kualitatif, penelitian ini sebaiknya dilaksanakan oleh guru, artinya
guru bertindak sebagai peneliti. Namun coba dilihat, ada berapa guru yang bisa
melakukan PTK? Sangat sedikit. Bukan karena tidak mampu melaksanakan penelitian
tetapi akibat sulitnya menemukan masalah yang harus diteliti.
Menemukan masalah yang diteliti bukanlah perkara mudah,
butuh ketelitian, kejujuran dan ketelatenan membaca perkembangan siswa. Dari
hasil analisis tersebut akan terungkap masalah yang perlu diteliti. Kendala
yang sering dihadapi oleh guru adalah kebanyakan guru tidak menguasai aspek
masalah yang diteliti karena kurangnya data dan informasi yang dibutuhkan.
Kesulitan itu sebenarnya dengan mudah dapat diatasi, guru
dipersenjatai dengan silabus dan rpp, didalam silabus dan rpp terdapat
indikator yang harus dicapai agar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
tercapai pula. Untuk mengetahui ketercapaian SK dan KD dibutukan evaluasi atas
hasil yang diperoleh oleh siswa.
Berdasarkan hasil evaluasi inilah, guru sebenarnya dapat
menemukan masalah yang dapat dijadikan dasar untuk melaksanakan PTK. Bila hasil evaluasi menunjukkan bahwa harapan
atau target pencapaian tidak sesuai dengan kenyataan maka ada masalah yang
perlu diteliti (PTK), sebaliknya bila target pencapaian sesuai dengan kenyataan
maka tidak diperlukan PTK. Cukup mudah, guru hanya melihat kesenjangan yang
terjadi, apakah harapan sesuai dengan kenyataan atau tidak.
Misalnya, anda sebagai guru memeriksa catatan siswa,
ternyata sebagian besar siswa tidak memiliki catatan yang lengkap sesuai dengan
harapan anda. Maka kemudian anda meminta siswa untuk melengkapi catatannya dan akan
kembali diperiksa pada minggu depannya. Ketika anda kembali memeriksa catatan
siswa hasilnya belum juga sesuai dengan harapan anda. Berarti ada masalah yang
perlu diteliti (PTK-kan), tujuannya untuk mengetahui masalah dan kendala apa
yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana solusi yang di tempuh oleh guru untuk
mengatasi kurang lengkapnya catatan siswa pada mata pelajaran anda.
Dengan melakukan perbandingan atas hasil evaluasi tentang
catatan siswa ini saja, kita sudah bisa melakukan PTK. Ini dapat kita lakukan
pada hal-hal lain yang berhubungan dengan proses pembelajaran di kelas anda. Tentunya
masih ada cara-cara lain yang bisa kita tempuh untuk bisa menemukan masalah
sebagai dasar dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Belum ada tanggapan untuk "Dengan cara ini anda dapat dengan mudah menemukan masalah untuk PTK"
Post a Comment