Pada saat mengajar, kadang siswa tampak gelisah, tidak tenang, sering mengarahkan pandangannya keluar. Tanda-tanda ini jangan dianggap remeh karena bisa jadi siswa mengalami stress. Apabila siswa stress maka model dan metode apapun yang diterapkan tidak membuat pembelajaran berhasil.
Apa yang membuat siswa stress mengikuti pelajaran? Berikut beberapa sebab siswa stress mengikuti pelajaran.
1. Materi padat
Materi yang terlalu padat dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan, apalagi disampaikan dengan cara yang tidak variatif. Guru juga harus memperhatikan waktu pelajaran, pada waktu pelajaran berlangsung menjelang tengah hari, energi siswa mulai berkurang, mulai merasa lapar, dan lelah.
2. Kondisi ruang belajar
Ruang belajar yang baik adalah ruang belajar yang memiliki perputaran angin cukup lancar melalui ventilasi. Namun perlu pula disadari adalah pada siang hari biasanya ruangan mulai panas dan pengap bahkan gersang. Kondisi ini mempengaruhi stamina siswa, menurunkan kesadaran dan kejernihan berpikir.
3. Kondisi luar ruangan
Ruang belajar membutuhkan ketenangan, jangan ada gangguan termasuk suara-suara tambahan. Ini biasanya terjadi menjelang pulang sekolah atau menjelang waktu istrahat, situasi ini harus dalam kendali guru karena dapat mendorong siswa menjadi gelisah dan tidak tenang. Biasanya siswa sangat mengharapkan agar guru segera menyudahi pelajarannya.
4. Guru kurang peduli
Ada siswa yang sebenarnya tidak suka dengan guru yang kurang peduli dengan situasi dalam ruangan. Siswa ini pada umumnya adalah siswa yang memiliki kecerdasan dan kemauan belajar melebihi siswa lainnya. Sedangkan siswa yang malas belajar menyukai guru yang tidak peduli dengan situasi ruangan. Situasi ruangan yang dimaksud adalah situasi yang gaduh atau ribut atau situasi diluar kendali guru.
Adapun tanda-tanda siswa yang sedang mengalami stress antara lain:
1. Pandangan selalu keluar jendela
2. Mulai usil kepada teman-temannya.
3. Mulai bercerita dengan teman disampingnya
4. Mencoret-coret kertas.
5. Perhatiannya lebih besar kepada yang dikerjakan oleh temannya.
6. Sudah ada gerakan tambahan yang dapat memecah perhatian dan konsentrasi teman-temannya.
7. Sering keluar ruang belajar
8. Mengantuk
9. Wajah cemberut atau kening mulai berkerut.
10. Suka menyambung ucapan guru
Dan masih banyak lagi tanda-tanda siswa yang harus dikenali oleh guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, bermakna dan mencapai target sebagaimana tujuan pendidikan nasional.
Belum ada tanggapan untuk "Kenali tanda-tanda pada siswa"
Post a Comment