Untuk mengukur daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan, seorang guru harus melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilaksanakan dengan dengan cara tertulis atau lisan. Dalam melaksanakan evaluasi, guru harus memperhatikan beberapa hal tentang pertanyaan yang diberikan sehingga dapat merumuskan suatu kesimpulan tentang gambaran siswa yang diajar.
Beberapa hal dimaksud yang berkaitan dengan pertanyaan antara lain.
1. Tujuan mengajukan pertanyaan kepada siswa
Tujuan mengajukan pertanyaan kepada siswa harus jelas, apakah hanya mengharapkan jawaban benar atau ingin mengetahui sesuatu tentang siswa atau bahkan keduanya. Menetapkan tujuan sebelum bertanya kepada siswa merupakan langkah awal dalam melaksanakan proses evaluasi.
2. Jika tujuan mengharapkan jawaban benar
Mengharapkan jawaban siswa berupa jawaban benar tentunya tidaklah selalu berhasil, hanya siswa yang benar-benar yakin bahwa jawabannya benar yang berani menjawab pertanyaan guru. Biasanya kelas akan tampak sunyi, siswa lebih banyak diam karena ketidaktahuan dan ketidakyakinannya meraka dengan jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan yang hanya mengaharapkan jawaban benar perlu dipertimbangkan oleh guru.
3. Jika tujuan bertanya ingin mengetahui sesuatu
Sesuatu tentang siswa masih membutuhkan kajian selanjutnya, apakah sesuatu itu berhubungan dengan pengetahuan siswa ataukah sesuatu yang dimaksudkan adalah proses berpikir siswa. Kedua hal ini sangatlah penting untuk diketahui, sehingga seorang guru harus membedakan waktu penggalian informasi.
4. Jika yang dimaksudkan proses berpikir
Proses berpikir siswa perlu di perhatikan oleh guru, kemampuan daya serap siswa pada materi yang diajarkan tergantung bagaimana proses berpikir siswa. Proses berpikir dapat berupa mengulang gagasan yang telah diberikan atau membangun kembali gagasan sendiri. Proses berpikir ini harus memuat proses menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi.
Belum ada tanggapan untuk "Perhatikan hal berikut bila mengajukan pertanyaan kepada siswa"
Post a Comment