Sering kali guru hanya terpaku pada pemberian materi, sehingga penentuan alokasi waktu pembelajaran umumnya didasarkan pada kepadatan materi, tingkat kesulitan materi dan buku pelajaran yang akan dipakai. Kesemuanya memang harus menjadi perhatian guru dalam memberikan pembelajaran.
Namun perlu diperhatikan bahwa keberhasilan pembelajaran tidak semata-mata tentang materi yang akan diberikan. Keberhasilan pembelajaran tergantung bagaimana guru mengelola kelas dan manajemen proses pembelajaran atau strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru.
Sebagai guru harus memperhatikan 4 langkah atau hal penting yang mesti dilaksanakan oleh guru, keempatnya membutuhkan perencanaan sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Apa saja keempat hal itu?
1. Tentukan indikator pembelajaran
Indikator pembelajaran merupakan komitmen target yang harus dicapai oleh siswa, indikator pembelajaran harus memperhatikan kemampuan daya serap siswa, kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mencapai indikator tersebut, dan bagaimana meningkatkan motivasi siswa agar terjadi peningkatan proses belajarnya sehingga indikator dapat dicapai. Dalam hal ini, guru harus selalu fokus pada tujuan pembelajaran atau indikator pembelajaran yang telah ditetapkan.
2. Media Pembelajaran
Guru harus memperhatikan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dimaksudkan agar pembelajaran menjadi efektif, menarik, dan mudah digunakan. Media yang digunakan adalah media yang sesuai dengan tingkat usia dan yang disenangi oleh siswa.
3. Proses Pembelajaran
Guru jangan terpaku dengan materi yang diajarkan, proses pembelajaran tidak hanya pada pemberian materi tetapi nilai-nilai kompetensi yang harus dicapai oleh siswa, nilai dimaksud adalah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, efektif dan lain sebagainya sesuai dengan konsep PAIKEM.
4. Penilaian
Penilaian tidak semata-mata pada lahirnya angka-angka, penilaian harus menjangkau keseluruhan misalnya keberhasilan pembelajaran, perubahan sikap, peningkatan pengetahuan, dan penguasaan keterampilan. Semua aspek ini harus dinilai secara obyektif dan jujur karena hasil penilaian akan menjadi data dan informasi bagi guru untuk melakukan tindakan selanjutnya.
Perhatikan keempat hal di atas sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai harapan, siswa tuntas sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).
Apa komentar anda?
Izin Copy tulisannya ya
ReplyDelete