Seringkali mungkin anda marah di kelas, atau kadangkala merasa gelisah sehingga mengganggu konsentrasi anda memberikan pembelajaran. Sebagai guru, kondisi ini tidak seharusnya terjadi, akan tetapi karena kita adalah manusia yang tidak pernah lepas dari segala kekurangan dan kelebihan maka keadaan ini pasti terjadi pada diri kita dan itu selalunya terjadi kepada siapa saja.
Seorang pengusaha sukses Weinzweig mendirikan Zigerman’s Deli bersama Paul Saginaw tahun 1982, dan sekarang bisnis ini adalah salah satu dari 9 bisnis lain dalam Zingerman’s Community of Businesses. Sekitar 25 tahun lalu, Saginaw mengatakan pada Weinzweig, “Ketika marah, jadilah penasaran”
Kalimat ini mengajarkan kepada kita bahwa pada saat kita dalam keadaan marah atau gelisah sebaiknya berhenti sejenak dari semua aktivitas kita, jangan diteruskan karena dapat menciptakan kondisi yang tidak diharapkan, apalagi kemarahan atau perasaan gelisah anda tanpa penyebab.
Saginaw menyarankan agar merenung, mencari akar masalah yang menjadi penyebab ketidaknyamanan anda. Kemudian kalau sudah ketemu solusinya maka selesaikan saat itu juga, jangan menundanya.
Menemukan solusi atas masalah yang menimpa kita membutuhkan banyak waktu untuk melakukan penelusuran namun kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh, melibatkan rasa penasaran selama proses penemuannya maka yakinlah anda akan menemukan solusinya dengan cepat yang penting lakukan dengan jujur apabila akar masalahnya ada pada diri anda.
Ingatlah selalu nasehat dari Saginaw ini agar pembelajaran tidak diisi dengan kemarahan atau perasaan gelisah. “Ketika marah, Jadilah Penasaran” tentunya penasaran menemukan akar masalahnya.
sangat bermanfaat....
ReplyDeleteDan jgn lupa tuk sabar. Thaks motivasix
ReplyDeleteTerima ksh infox
ReplyDelete