Agar kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik, maka semua unsur yang terlibat dalam dunia pendidikan harus menaati prinsip kurikulum 2013, prinsip inilah yang membedakan kurikulum 2013 dengan kurikulum lainnya.
Prinsip kurikulum 2013 merupakan jawaban perubahan paradigma global. Ada 14 prinsip kurikulum 2013, keempat belas prinsip dimaksud adalah:
- Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
- Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar;
- Menggunakan pendekatan ilmiah;
- Berbasis kompetensi;
- Terpadu;
- Menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi;
- Berbasis keterampilan aplikatif;
- Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard--‐skills dan soa--‐skills;
- Mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
- Menerapkan nilai--‐nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
- Berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
- Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
- Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik;
- Suasana belajar menyenangkan dan menantang.
Belum ada tanggapan untuk "14 Prinsip pembelajaran kurikulum 2013 yang wajib diketahui oleh guru, siswa dan orang tua dalam rangka mencapai tujuan nasional pendidikan"
Post a Comment