Berfoto selfie tidak mengenal batas usia pun tidak pula mengenal jabatan atau apakah sedang dalam kegiatan formal terlebih lagi nonformal. Hari ini, berfoto selfie dapat dikatakan sebagai kebutuhan setiap orang, dimana ada moment penting yang mesti diabadikan menjadi kenangan atau tujuan lain misalnya ingin menunjukkan kepada orang lain tanpa harus bercerita panjang lebar atau sekedar ingin menunjukkan kekaguman pada diri sendiri.
Nilai inilah yang menjadi fokus perhatian kita, bagaimana memaksimalkan kebiasaan berfoto selfie kedalam proses pembelajaran. Penting untuk diingat bahwa, saat ini media sosial dipenuhi oleh foto-foto selfie dengan background dunia pendidikan, pelakunya hampir semua adalah pelajar. Artinya apabila kebiasaan ini diintegrasikan kedalam proses pembelajaran, maka bukan tidak mungkin, kebiasaan berfoto selfie dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa.
Kebiasaan berfoto selfie adalah tantangan guru saat ini karena mau atau pun tidak sebagian besar siswa bahkan hampir semua siswa terlibat pada kebiasaan ini. Bahkan beberapa foto justru terjadi pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, hal ini menunjukkan bahwa suatu saat dunia pendidikan akan mengalah terhadap kebiasaan berfoto selfie yang dilakukan oleh peserta didik.
Olehnya itu, sebelum kebiasaan ini benar-benar mempengaruhi faktor teknis dan non teknis dunia pendidikan, para pendidik dituntut untuk melahirkan suatu gagasan, strategi, model atau metode pembelajaran yang terintegrasi terhadap kebiasaan berfoto selfie. Bagaimana caranya? Beberapa poin berikut bisa memberi gambaran atau ide awal bagi perkembangan pendidikan khususnya terhadap proses pembelajaran pada satuan pendidikan.
- Sebelum dan sesudah proses belajar mengajar sebaiknya berfoto selfie bersama siswa. Hal ini dapat menciptakan dan mempererat suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih mendalam karena energi yang terpancar akibat berfoto selfie sangat mengikat dan menyatukan semua perbedaan, bahkan menghilangkan perasaan terbelakang, minder dan kurang percaya diri siswa.
- Arahkan siswa untuk berfoto selfie saat bekerja dalam kelompok, bekerja kelompok di kelas merupakan salah satu moment yang ingin sekali diabadikan oleh siswa. Namun karena takut pada guru sehingga keinginan itu dipendam, inilah saat yang tepat untuk menunjukkan perhatian termasuk memasuki kehidupan siswa sehingga bisa mengenal lebih dekat kepribadian siswa secara utuh. Hal ini akan mempermudah guru untuk memutuskan metode, model dan strategi pembelajaran yang tepat.
- Ajak siswa berfoto selfie bersama hasil pekerjaannya. Sudah bisa dibayangkan apabila hasil yang diperoleh siswa rendah pasti dapat memicu siswa untuk melakukan perubahan positif, sementara yang memperoleh hasil baik akan terus memacu dirinya menampilkan hasil yang terbaik pula.
Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh guru terhadap kebiasan berfoto selfie yang dilakukan oleh siswa.
Belum ada tanggapan untuk "Cara memaksimalkan kebiasaan berfoto selfie dalam pembelajaran guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik"
Post a Comment