Ini hanya nama, bukan kelasnya yang dibalik. Flipped Learning lahir dari sesuatu yang kebetulan dan pemikiran sederhana. Awalnya, Jonathan Bergmann dan Aaron Sams memulai ide brilian ini untuk mengejar ketertinggalan pelajaran bagi siswa yang tidak hadir.
Keduanya membuat video pembelajaran yang ditambahkan dengan teks sebagai keterangan pelajaran agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Kemudian diunggah di internet sehingga siswa yang mengalami ketinggalan pelajaran bisa belajar dari video tersebut.
Ternyata respon siswa jauh lebih besar dari rencana mereka, bukan hanya siswa yang tidak hadir saat di kelas tetapi juga siswa yang tidak ketinggalan materi, ikut menggunakan konten pembelajaran melalui video yang diunggah di internet ini.
Semangat dan antusiasme yang tinggi dari siswa mendorong kedua guru Kimia di SMA Woodland Park di kaki puncak gunung Pike Colorado untuk membuat kembali video pembelajaran pada materi lainnya.
Ide flipped pada dasarnya membalik pendekatan pembelajaran umum. Aktivitas dikelas misalnya pelajaran interaktif, instruksi yang digunakan, melalui video pembelajaran dapat diakses di rumah oleh siswa.
Metode Flipped learning memungkinkan kegiatan di kelas fokus pada mengatasi masalah, memajukan konsep dan penguatan pembelajaran kolaboratif.
Dengan demikian, pembelajaran tidak lagi dibatasi oleh waktu, sebab siswa dapat mengulangi pelajaran di rumah, proses belajar pun semakin maksimal.
Metode flipped learning paling bagus menggunakan aplikasi keluaran google yakni google class room. Namun jika terasa berat karena belum tahu menggunakannya, bisa juga melalui media sosial seperti Facebook dan WhatsApp.
Intinya, menggunakan aplikasi yang bisa mengunggah video dalam durasi panjang untuk dibagikan kepada siswa. Terlebih lagi apabila bisa membangun forum diskusi guru dan siswa melalui grup yang tersedia pada aplikasi tersebut.
Jangan lupa, metode flipped learning dibarengi dengan penilaian formatif dengan memanfaatkan aplikasi quizizz. Jika belum bisa juga maka lakukan dengan membuat soal ulangan menggunakan aplikasi pengolah kata atau angka misalnya MS Word. Kemudian minta siswa untuk mengunggah kembali hasil jawaban melalui media yang disepakati bersama guru.
Menggunakan strategi dengan metode belajar filpped learning, menempatkan lebih banyak tanggung jawab untuk melihat dan berinteraksi fokus pada siswa.
Jadi maksud dari pembelajaran terbalik (flipped learning) adalah membalik aktivitas siswa dimana, biasanya materi diberikan di kelas sementara siswa mengerjakan tugas di rumah menjadi siswa menyaksikan video pembelajaran di rumah dan tugas diselesaikan di kelas.
Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Metode Flipped Learning atau Kelas Terbalik"
Post a Comment