Membuat buku ajar bagi guru adalah sensasi tersendiri, apalagi buku ajar tersebut mampu meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa. Agar buku ajar yang dibuat bisa membuat siswa sesuai dengan tujuan kita maka berikut beberapa ciri dan karakter buku ajar yang baik, antara lain:
- Muatan materi buku ajar harus berisikan substansi dan disusun secara sistematis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
- Substansi buku ajar yang dimaksud pada point diatas mengacu pada kurikulum, yang sekurang-kurangnya meliputi aspek tujuan/kompetensi yang ingin dicapai, metode, dan penilaian yang digunakan dalam proses pembelajaran.
- Penulisan buku ajar harus terorganisasi secara baik, tidak hanya dalam satu mata pelajaran, tetapi dalam seluruh rangkaian mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa.
- Buku ajar harus disusun secara sistematis dan metodologis. Kaidah-kaidah penulisan ilmiah harus diperhatikan walaupun ini tidak terlalu wajib.
- Buku ajar sebaiknya disusun dalam bahasa yang mudah dicerna dan dikuasai oleh peserta didik, sehingga memiliki derajat keterbacaan yang tinggi. Kalimat yang digunakan harus efektif, sederhana, terhindar dari makna ganda, sopan, menarik dan sesuai dengan penguasaan bahasa yang dimiliki oleh pembaca yang menjadi sasarannya. Artinya materi yang disampaikan harus komunikatif.
- Bentuk format dan fisik bahan ajar harus memperhatikan ukuran, desain sampul, desain tata letak (layout) isi, bentuk dan ukuran huruf, ilustrasi, warna, komposisi gambar, jenis dan ukuran kertas, penjilidan, dan sebagainya. Bentuk format dan fisik bahan ajar tersebut harus dapat memikat peserta didik agar mereka berminat membaca, mempelajari, dan memiliki bahan ajar tersebut.
- Perkembangan kognitif pembaca perlu diperhatikan agar buku ajar dapat dibaca dengan baik oleh pembaca yang memiliki kemampuan kognitif rata-rata, namun juga dijaga agar pembaca yang cerdas tidak menjadi bosan karena tantangan yang terlalu rendah.
- Buku ajar harus mampu membangun motivasi pembacanya untuk belajar. Buku yang baik adalah buku yang dapat menstimulasi pembaca untuk menjaga perhatian pada apa yang sedang dipelajarinya.
- Buku ajar harus mendorong pembaca untuk mengembangkan pola belajar mandiri. Ilustrasi yang tepat, relevan, dan menarik akan sangat membantu pembaca untuk belajar mandiri.
- Konten buku ajar harus memperhatikan norma, nilai, etika dan tatanan moral yang berlaku di kehidupan bermasyarakat.
Belum ada tanggapan untuk "10 Karakter Buku Ajar Yang Wajib Dipenuhi Jika Ingin Dibaca Oleh Siswa"
Post a Comment