Menyajikan informasi lisan yang diorganisasikan secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya. Muatan materi yang disampaikan dapat dimulai dengan memberikan pengertian untuk mengajak siswa berfikir logis dan sistematis.
Tujuannya adalah melatih siswa agar mandiri dalam menentukan keputusan dan menanamkan sikap cara berfikir yang benar dalam memecahkan masalah. 2 Komponen Keterampilan Menjelaskan:
A. Menganalisis & Merencanakan Penjelasan
Analisis merupakan aktivitas yang terdiri dari serangkaian kegiatan seperti, mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan kemudian dicari kaitannya lalu ditafsirkan maknanya. Prosesnya bisa dimulai mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Sedangkan merencanakan menurut KBBI mengandung arti membuat rencana, mereka-reka, mengupayakan dan menceritakan.
Adapun yang terdapat dalam proses menganalisis dan merencanakan diantaranya:
1. Menganalisis masalah secara keseluruhan
Hal ini agar informasi yang diperoleh tidak sepotong-sepotong tetapi mencakup semua aspek sehingga data yang diperoleh siswa juga utuh.
2. Menentukan hubungan antara unsur-unsur
Dimaksudkan agar penjelasan yang disampaikan saling menguatkan dengan demikian dapat memancing siswa untuk berpikir logis dan runut.
3. Menggunakan generalisai yang sesuai dengan Penerima pesan (siswa)
Kalimat atau kata dan istilah yang disampaikan agar memperhatikan kemampuan siswa atau yang dipahami oleh siswa sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam mengartikan informasi yang disampaikan.
4. Penjelasan relevan dengan masalah siswa
Ini merupakan metode guru dalam menyajikan materi, guru harus lebih naratif artinya narasi yang disampaikan terkait dengan kompetensi siswa terutama pada tiga aspek yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan.
5. Penjelasan mudah diterima siswa
Agar penjelasan mudah dicerna dan diterima oleh siswa maka bahasa yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan siswa, tidak perlu terlalu ilmiah namun tetap memiliki nilai pendidikan dan jangan pula terlalu sederhana karena menyebabkan siswa malas berpikir
6. Penjelasan cocok dengan pengetahuan siswa
Kegiatan menjelaskan pada prinsipnya adalah mengajak lawan berbicara untuk berpikir, begitupula guru mengajak siswa untuk berpikir memahami dan mengerti dengan materi yang disampaikan. Membuka wawasan siswa untuk menemukan pengetahuan baru sehingga membawa perubahan pada pola pikir siswa, tentunya tetap mempertimbangkan pengetahuan siswa.
B. Menyajikan Penjelasan
Menyajikan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti dari menyajikan dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan menyajikan dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Menyajikan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menyajikan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.
Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam kegiatan menyajikan penjelasan antara lain:
- Kejelasan
- Menggunakan contoh dan ilustrasi
- Memberikan penekanan
- Pengorganisasian
- Umpan balik
Belum ada tanggapan untuk "Keterampilan Menjelaskan Materi Kepada Siswa"
Post a Comment