Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu solusi bagi guru untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kelas. Olehnya itu, diperlukan keterampilan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, terutama dalam menyusun proposal. Mari kita berlatih menyusun proposal PTK dengan mengikuti panduan berikut
IDENTIFIKASI MASALAH PTK
I. Identifikasi Masalah Penelitian Tindakan Kelas
1. Kemukakanlah masalah –masalah atau kendala - kendala yang Anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar–mengajar mata pelajaran yang diberikan kepada siswa (berkaitan dengan penggunaan media, strategi, model, lingkungan belajar, sistem penilaian, implementasi kurikulum)!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
2. Pilihlah salah satu masalah yang menuntut Anda mendesak !
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
3. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
4. Analisislah penyebab munculnya masalah yang Anda rumuskan tersebut
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
5. Dapatkanlah satu alternative pemecahan masalah untuk memecahkan masalah urgent yang Anda hadapi tersebut! Alternatif pemecahan masalah itu haruslah bertolak dari hasil analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
II. Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas
1. Tulislah judul PTK yang Anda usulkan
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal –hal berikut:
a. Tujuan/tindakan b. Cara menyelesaikan masalah (solusi) c. Tempat penelitian dilaksanankan (seting)
2. Deskripsi masalah yang Anda hadapi!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah masalah yang Anda deskripsikan telah memuat hal –hal sebagai berikut?
a. Apakah deskripsi maslah telah disesuaikan dengan kondisi nyata tentang kendala–kendala yang Anda hadapai sewaktu melaksanakan KBM dengan menerapkan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual?
b. Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan? c. Apakah deskripsi masalah telah memuat tentang hasil analisis masalah? d. Apakah deskripsi maslah telah memuat tentang refleksi awal? e. Bagaimana perumusan masalah?
3. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang Anda ajukan!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah pemecahan masalah yang Anda ajukan memenuhi rambu –rambu berikut?
a. Apakah ada alternative pemecahan masalah? b. Apakah alternative pemecahan masalah itu didasarkan teori tertentu? c. Apakah alternative pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?
4. Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian Anda (buatlah rumusan masalah caranya Judul buat kalimat tanya )!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian Anda telah memuat hal –hal sebagai berikut :
a. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi siswa? b. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi praktisi?
5. Kemukakanlah prosedur tindakan yang akan Anda lakukan dalam PTK ini!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan telah Anda kemukakan hal –hal sebagai berikut :
a. Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subjek? b. Apakah ada variable/factor yang diselidiki? c. Apakah ada rencana tindakan yang mencakup misalnya scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi, dan evaluasi, analisis, dan refleksi?
6. Tulislah lokasi penelitian Anda!
…………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………………………………………...…… ……………………………………………………………………………………………………...…
7. Tulislah personil tim peneliti Anda!
Ketua Tim Peneliti
Nama lengkap : ………………………………………………
Jenis kelamin : ………………………………………………
NIP : ………………………………………………
Pangkat/Gol. : ………………………………………………
Belum ada tanggapan untuk "Berlatih Menyusun Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas)"
Post a Comment