Apakah
guru wajib melaksanakan PTK? Perlu dipahami bahwa dalam kelas terdapat banyak
fenomena, bila diarahkan dengan baik dapat menjadi potensi, sebaliknya bila
tidak maka dapat menjadi faktor penghambat pembelajaran. Sumber dan sebabnya
tidak bisa langsung disimpulkan karena siswa malas belajar, suasana belajar
tidak kondusif, pembelajaran tidak berjalan efektif, tidak ada dorongan moril
dari orang tua maupun guru dan lain sebagainya, lalu bagaimana seharusnya guru
berbuat?
Kita
harus sepakat bahwa ketika harapan yang tertuang dalam RPP tidak sesuai dengan
kenyataan maka dikelas tersebut terdapat masalah. Pengertian kelas dimaksud
meliputi siswa, guru, ruangan, materi ajar, metode, model dan faktor eksternal
lainnya.
Mengatasi
permasalahan di kelas harus melalui penelitian, para ahli menyarankan kepada
guru untuk menggunakan penelitian tindakan kelas karena terdapat beberapa
keuntungan. Keuntungan dimaksud sebagai berikut:
1.
Mudah dilaksanakan
2.
Guru dapat bertindak sebagai peneliti
3.
Hasil penelitian dapat langsung diterapkan oleh guru
4.
Kerangka penelitian sangat sederhana tetapi tetap mengikuti prosedur penelitian
ilmiah
5.
Guru menguasai permasalahan atas kasus yang diteliti
6.
Variabel penelitian merupakan bagian dari guru itu sendiri
7.
Tidak mengganggu proses belajar mengajar
9.
Tidak merubah kebiasaan di kelas
10.
Tidak dibatasi oleh waktu
Berdasarkan
beberapa keuntungan di atas, maka untuk menemukan solusi atas permasalahan yang
dihadapi oleh guru, sebaiknya guru memilih penelitian tindakan kelas sebagai
bagian dari upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Belum ada tanggapan untuk "Alasan melaksanakan PTK bagi guru"
Post a Comment