Ada yang menarik, dalam penerimaan hadiah bagi siswa yang berprestasi kebanyakan adalah peserta didik putri. Pada saat lomba olimpiade tingkat kota/kabupaten, propinsi bahkan nasional di dominasi oleh peserta didik putri. Bagaimana dengan putra?
Melihat fenomena ini, tentunya kita akan bertanya “bagaimana bisa putri lebih dominan dalam hal prestasi?”. Ini menunjukkan bahwa terdapat masalah pada peserta didik putra, diperlukan penelitian untuk membuka dan memecahkan sumber dan sebab masalahnya sehingga ditemukan solusi yang tepat agar peserta didik putra kembali bersaing dengan peserta didik putri dalam hal prestasi.
Di dunia pendidikan pemberian pelayanan dilaksanakan secara adil dan obyektif, tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada putri maupun putra. Walaupun demikian, hasilnya tetap menunjukkan dominasi putri terhadap putra terjadi hampir semua sekolah di Indonesia.
Jumlah peserta didik putri yang menempuh pendidikan dapat dikatakan 10 banding 1, namun demikian jumlah tidak dapat disimpulkan sebagai sumber dominasi peserta didik putri atas prestasi yang terjadi disekolah.
Berangkat dari masalah ini, guru ditantang untuk menemukan penyebab kurangnya prestasi yang diraih oleh peserta didik putra. Bisa dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan atau bentuk penelitian lainnya, kalau perlu melibatkan sekolah secara keseluruhan sehingga hasilnya dapat dijadikan dasar tindakan selanjutnya. Bagaimana tertantangkah anda?
Masalah yang perlu di PTK oleh guru
ReplyDelete