Rencana pembelajaran yang disusun oleh guru dalam RPP tidak
dapat menjadi hukum mutlak yang harus ditegakkan selama pelaksanaan
pembelajaran. Selalu saja terdapat faktor penghambat yang bisa berpengaruh terhadap
keberhasilan pembelajaran.
Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran di kelas
antara lain, karakter peserta didik, model, metode, manajemen kelas, media, dan
bahan ajar. Guru harus mampu mengidentifikasi semua faktor tersebut untuk dapat
merumuskan solusi yang bisa diterapkan didalam kelas yang diampuh.
RPP harus bisa dilaksanakan karena RPP menjadi pedoman guru
selama pembelajaran. Namun karena RPP adalah sebuah rencana maka hasilnya tidak
selamanya maksimal. Olehnya itu, guru perlu mengetahui pada saat kapan RPP
dapat dikatakan berhasil.
Berhasil tidaknya sebuah RPP dapat ditentukan melalui
evaluasi baik terhadap siswa maupun terhadap guru. Adapun ciri-ciri RPP
dikatakan berhasil apabila :
- Indikator dalam RPP tercapai
- Terjadi perubahan pada siswa sesuai yang diharapkan
- Guru mampu mengelola kelas selama pembelajaran
- Siswa antusias mengikuti pembelajaran karena baik model maupun metode yang diterapkan menarik minat belajar peserta didik
- Guru dapat mengintegrasikan media yang digunakan
- Alokasi waktu dapat dimanfaatkan dengan baik dan tepat
Yang perlu diperhatikan adalah RPP tidak selamanya berhasil
di semua kelas yang diampuh oleh guru, kenyataan yang selama ini terjadi adalah
guru menyusun RPP dalam sekali pertemuan diberlakukan kepada semua kelas
sehingga hasilnya bervariasi, disinilah guru biasanya langsung menyimpulkan
bahwa kelas-kelas yang tidak tuntas disebabkan oleh kurangnya kemampuan peserta
didik menerima materi yang diberikan tanpa mempertimbangkan faktor penghambat
di atas.
Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan bahwa
apabila ketuntasan dalam satu kelas tidak mencapai 75% maka kegagalan bukan pada
siswa tetapi guru. Guru harus merubah model dan metode yang digunakan, artinya
RPP harus direvisi kembali. Tentunya terlebih dahulu dilakukan penelitian untuk
menemukan permasalahan dan solusinya sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran
berikutnya dikelas tersebut.
Belum ada tanggapan untuk "Kapan RPP dapat dikatakan berhasil?"
Post a Comment