Beranda · Artikel · Motivasi · Merdeka Belajar · Bahan Ajar · PTK · Pembelajaran

Kapan RPP dapat dikatakan berhasil?

Rencana pembelajaran yang disusun oleh guru dalam RPP tidak dapat menjadi hukum mutlak yang harus ditegakkan selama pelaksanaan pembelajaran. Selalu saja terdapat faktor penghambat yang bisa berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran.

Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran di kelas antara lain, karakter peserta didik, model, metode, manajemen kelas, media, dan bahan ajar. Guru harus mampu mengidentifikasi semua faktor tersebut untuk dapat merumuskan solusi yang bisa diterapkan didalam kelas yang diampuh.

RPP harus bisa dilaksanakan karena RPP menjadi pedoman guru selama pembelajaran. Namun karena RPP adalah sebuah rencana maka hasilnya tidak selamanya maksimal. Olehnya itu, guru perlu mengetahui pada saat kapan RPP dapat dikatakan berhasil.

Berhasil tidaknya sebuah RPP dapat ditentukan melalui evaluasi baik terhadap siswa maupun terhadap guru. Adapun ciri-ciri RPP dikatakan berhasil apabila :

  1. Indikator dalam RPP tercapai
  2. Terjadi perubahan pada siswa sesuai yang diharapkan
  3. Guru mampu mengelola kelas selama pembelajaran
  4. Siswa antusias mengikuti pembelajaran karena baik model maupun metode yang diterapkan menarik minat belajar peserta didik
  5. Guru dapat mengintegrasikan media yang digunakan
  6. Alokasi waktu dapat dimanfaatkan dengan baik dan tepat

Yang perlu diperhatikan adalah RPP tidak selamanya berhasil di semua kelas yang diampuh oleh guru, kenyataan yang selama ini terjadi adalah guru menyusun RPP dalam sekali pertemuan diberlakukan kepada semua kelas sehingga hasilnya bervariasi, disinilah guru biasanya langsung menyimpulkan bahwa kelas-kelas yang tidak tuntas disebabkan oleh kurangnya kemampuan peserta didik menerima materi yang diberikan tanpa mempertimbangkan faktor penghambat di atas.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan bahwa apabila ketuntasan dalam satu kelas tidak mencapai 75% maka kegagalan bukan pada siswa tetapi guru. Guru harus merubah model dan metode yang digunakan, artinya RPP harus direvisi kembali. Tentunya terlebih dahulu dilakukan penelitian untuk menemukan permasalahan dan solusinya sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran berikutnya dikelas tersebut.



Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan RPP dapat dikatakan berhasil?"

Post a Comment