Beranda · Artikel · Motivasi · Merdeka Belajar · Bahan Ajar · PTK · Pembelajaran

3 Kemampuan guru yang harus dimiliki dalam mendesain pembelajaran

Kemampuan guru merupakan kapasitas internal yang dimiliki dalam melaksanakan tugas profesinya. Tugas profesional guru bisa diukur dari seberapa jauh guru mendorong proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kemampuan desain pembelajaran guru dapat dibagi dalam tiga kompetensi menurut Nana Sudjana, yakni:

1. Kompetensi bidang kognitif
Kompetensi ini berhubungan dengan intelektual guru seperti penguasaan mata pelajaran, pengetahuan mengenai cara mengajar, pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku individu, pengetahuan tentang bimbingan penyuluhan, pengetahuan tentang administrasi kelas, pengetahuan tentang cara menilai hasil belajar siswa, dan pengetahuan tentang kemasyarakatan serta pengetahuan umum lainnya.

2. Kompetensi bidang sikap
Kompetensi ini meliputi kesiapan dan kesediaan guru terhadap berbagai hal berkenaan dengan tugas dan profesinya, seperti sikap menghargai pekerjaannya, mencintai dan memiliki perasaan senang terhadap mata pelajaran yang dibinanya, sikap toleransi terhadap sesama teman profesinya dan memiliki kemauan yang keras untuk meningkatkan hasil pekerjaannya.

3. Kompetensi perilaku atau performance
Kemampuan ini menyangkut kemampuan guru dalam berbagai keterampilan/berperilaku, seperti keterampilan mengajar, membimbing, menilai, menggunakan alat bantu pengajaran, bergaul atau berkomunikasi dengan siswa, keterampilan menumbuhkan semangat belajar para siswa, keterampilan menyusun persiapan/perencanaan mengajar, keterampilan melaksanakan administrasi kelas dan lain sebagainya.

Lebih khusus lagi menurut Crow bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran meliputi :
1. Penguasaan subject-matter yang akan diajarkan
2. Keadaan fisik dan kesehatannya
3. Sifat-sifat pribadi dan kontrol emosinya
4. Memahami sifat – hakikat dan perkembangan manusia
5. Pengetahuan dan kemampuannya untuk menerapkan prinsip-prinsip belajar
6. Kepekaan dan aspirasinya terhadap perbedaan kebudayaan, agama dan etnis
7. Minatnya terhadap perbaikan profesional dan pengayaan kultural yang terus-menerus dilakukan.


Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "3 Kemampuan guru yang harus dimiliki dalam mendesain pembelajaran"

Post a Comment