Kemampuan guru merupakan kapasitas internal yang dimiliki
dalam melaksanakan tugas profesinya. Tugas profesional guru bisa diukur dari
seberapa jauh guru mendorong proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan
efisien.
Kemampuan desain pembelajaran guru dapat dibagi dalam tiga
kompetensi menurut Nana Sudjana, yakni:
1. Kompetensi bidang
kognitif
Kompetensi ini berhubungan dengan intelektual guru seperti
penguasaan mata pelajaran, pengetahuan mengenai cara mengajar, pengetahuan
tentang belajar dan tingkah laku individu, pengetahuan tentang bimbingan
penyuluhan, pengetahuan tentang administrasi kelas, pengetahuan tentang cara
menilai hasil belajar siswa, dan pengetahuan tentang kemasyarakatan serta
pengetahuan umum lainnya.
2. Kompetensi bidang
sikap
Kompetensi ini meliputi kesiapan dan kesediaan guru terhadap
berbagai hal berkenaan dengan tugas dan profesinya, seperti sikap menghargai
pekerjaannya, mencintai dan memiliki perasaan senang terhadap mata pelajaran
yang dibinanya, sikap toleransi terhadap sesama teman profesinya dan memiliki
kemauan yang keras untuk meningkatkan hasil pekerjaannya.
3. Kompetensi
perilaku atau performance
Kemampuan ini menyangkut kemampuan guru dalam berbagai
keterampilan/berperilaku, seperti keterampilan mengajar, membimbing, menilai,
menggunakan alat bantu pengajaran, bergaul atau berkomunikasi dengan siswa,
keterampilan menumbuhkan semangat belajar para siswa, keterampilan menyusun
persiapan/perencanaan mengajar, keterampilan melaksanakan administrasi kelas
dan lain sebagainya.
Lebih khusus lagi menurut Crow bahwa kemampuan guru dalam
melaksanakan pembelajaran meliputi :
1. Penguasaan subject-matter yang akan diajarkan
2. Keadaan fisik dan kesehatannya
3. Sifat-sifat pribadi dan kontrol emosinya
4. Memahami sifat – hakikat dan perkembangan manusia
5. Pengetahuan dan kemampuannya untuk menerapkan
prinsip-prinsip belajar
6. Kepekaan dan aspirasinya terhadap perbedaan kebudayaan,
agama dan etnis
7. Minatnya terhadap perbaikan profesional dan pengayaan
kultural yang terus-menerus dilakukan.
Belum ada tanggapan untuk "3 Kemampuan guru yang harus dimiliki dalam mendesain pembelajaran"
Post a Comment