Beranda · Artikel · Motivasi · Merdeka Belajar · Bahan Ajar · PTK · Pembelajaran

Pentingnya kemampuan visualisasi simulasi pembelajaran dimiliki oleh guru

Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, guru sebaiknya memiliki kemampuan untuk melakukan visualisasi simulasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Simulasi dalam bentuk pembelajaran tersebut ditujukan untuk mengetahui urutan tindakan di kelas. Seperti apakah visualisasi simulasi pembelajaran dimaksud?

Dalam KBBI dijelaskan bahwa visualisasi adalah pengungkapan suatu gagasan atau perasaan dengan menggunakan bentuk gambar, tulisan (kata dan angka), peta, grafik, dan sebagainya atau proses pengubahan konsep menjadi gambar untuk disajikan lewat televisi oleh produsen. Sedangkan simulasi adalah  metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan Sedangkan pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.

Jadi visualisasi simulasi pembelajaran adalah cara melakukan pendekatan belajar yang dilaksanakan dengan menghadirkan proses belajar dalam bentuk peragaan tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya kedalam pikiran.

Manfaat yang diperoleh bagi guru dapat :
1. menyusun rencana pelaksanaan tindakan secara bertahap dan sistematis
2. meminimalkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran
3. menentukan alokasi waktu secara maksimal, efisien dan efektif sehingga tidak kehilangan jam belajarnya.
4. menentukan jumlah pertemuan masing-masing materi
5. menentukan model dan metode masing-masing kelas yang dibina berdasarkan karakter dan kompetensi awal siswa
6. memberi gambaran sebagai informasi awal untuk melakukan pengelolaan kelas dengan baik dan benar
7. memberi gambaran tentang tingkat keberhasilan pembelajaran sejak awal pembelajaran
8. mengintegrasikan perkembangan budaya luar sekolah dengan situasi pendidikan
9. memudahkan guru untuk menyiapkan bahan ajar, media pembelajaran dan bentuk penilaian secara tepat berdasarkan SK dan KD.
10. mengetahui perubahan yang didapat oleh siswa

Melalui visualisasi pembelajaran, siswa dapat :
1. mendapatkan pelajaran secara terurut
2. mendapatkan ketegasan dari guru tentang materi yang diperolehnya
3. memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien
4. memperoleh pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan karena pendekatan yang dilakukan oleh guru menarik
5. memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya
6. membawa perubahan pada diri siswa
7. mudah memahami dan menerima materi yang diberikan oleh guru
8. mengetahui perkembangan belajarnya
9. mengalami keterbukaan sebagai modal bagi guru untuk melaksanakan tindakan selanjutnya.

Apa saja yang perlu diperhatikan selama melaksanakan visualisasi simulasi pembelajaran.
1. Karakter individu siswa dan kelas yang diperoleh dari guru lainnya
2. Tingkat kemampuan siswa menerima materi pelajaran
3. Hasil evaluasi belajar siswa dan catatan perkembangannya
4. Draft Rencana pelaksanaan pembelajaran
5. Media dan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran
6. Alokasi waktu yang tersedia
7. Distribusi materi
8. Kepadatan materi per SK dan KD
9. Jumlah siswa dalam kaitannya dengan penguasaan kelas
10 . Ketenangan selama melaksanakan visualisasi simulasi pembelajaran
11. Tetap mempertahankan prinsip obyektifitas
12. Gunakan skenario terbaik dan terburuk




Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya kemampuan visualisasi simulasi pembelajaran dimiliki oleh guru"

Post a Comment