Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, guru sebaiknya
memiliki kemampuan untuk melakukan visualisasi simulasi pelaksanaan
pembelajaran di kelas. Simulasi dalam bentuk pembelajaran tersebut ditujukan
untuk mengetahui urutan tindakan di kelas. Seperti apakah visualisasi simulasi
pembelajaran dimaksud?
Dalam KBBI dijelaskan bahwa visualisasi
adalah pengungkapan suatu gagasan
atau perasaan dengan menggunakan bentuk gambar, tulisan (kata dan angka), peta,
grafik, dan sebagainya atau proses
pengubahan konsep menjadi gambar untuk disajikan lewat televisi oleh produsen.
Sedangkan simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam
bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau penggambaran suatu sistem atau proses
dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan Sedangkan
pembelajaran adalah proses, cara,
perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Jadi visualisasi simulasi
pembelajaran adalah cara melakukan pendekatan belajar yang dilaksanakan dengan
menghadirkan proses belajar dalam bentuk peragaan tiruan yang mirip dengan
keadaan sesungguhnya kedalam pikiran.
Manfaat
yang diperoleh bagi guru dapat :
1. menyusun rencana pelaksanaan tindakan secara bertahap dan
sistematis
2. meminimalkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran
3. menentukan alokasi waktu secara maksimal, efisien dan efektif
sehingga tidak kehilangan jam belajarnya.
4. menentukan jumlah pertemuan masing-masing materi
5. menentukan model dan metode masing-masing kelas yang dibina
berdasarkan karakter dan kompetensi awal siswa
6. memberi gambaran sebagai informasi awal untuk melakukan
pengelolaan kelas dengan baik dan benar
7. memberi gambaran tentang tingkat keberhasilan pembelajaran
sejak awal pembelajaran
8. mengintegrasikan perkembangan budaya luar sekolah dengan
situasi pendidikan
9. memudahkan guru untuk menyiapkan bahan ajar, media pembelajaran
dan bentuk penilaian secara tepat berdasarkan SK dan KD.
10. mengetahui perubahan yang didapat oleh siswa
Melalui visualisasi pembelajaran, siswa dapat :
1. mendapatkan pelajaran secara terurut
2. mendapatkan ketegasan dari guru tentang materi yang
diperolehnya
3. memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien
4. memperoleh pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan
karena pendekatan yang dilakukan oleh guru menarik
5. memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya
6. membawa perubahan pada diri siswa
7. mudah memahami dan menerima materi yang diberikan oleh guru
8. mengetahui perkembangan belajarnya
9. mengalami keterbukaan sebagai modal bagi guru untuk
melaksanakan tindakan selanjutnya.
Apa saja yang perlu diperhatikan selama melaksanakan visualisasi
simulasi pembelajaran.
1. Karakter individu siswa dan kelas yang diperoleh dari guru
lainnya
2. Tingkat kemampuan siswa menerima materi pelajaran
3. Hasil evaluasi belajar siswa dan catatan perkembangannya
4. Draft Rencana pelaksanaan pembelajaran
5. Media dan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran
6. Alokasi waktu yang tersedia
7. Distribusi materi
8. Kepadatan materi per SK dan KD
9. Jumlah siswa dalam kaitannya dengan penguasaan kelas
10 . Ketenangan selama melaksanakan visualisasi simulasi
pembelajaran
11. Tetap mempertahankan prinsip obyektifitas
12. Gunakan skenario terbaik dan terburuk
Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya kemampuan visualisasi simulasi pembelajaran dimiliki oleh guru"
Post a Comment