Siswa di Inggris rata-rata memiliki kepercayaan diri yang tinggi, hal inilah yang membedakan tingkat pendidikan di Inggris dengan negara lainnya.
Bagaimana siswa di Inggris memiliki kepercayaan diri yang begitu tinggi di usia yang sangat muda?, jawabannya adalah dengan analogi bangku berkaki tiga. Three legged stool.
Ada tiga komponen yang menunjang Three Legged Stool, yakni kompetensi, responsibility dan apresiasi.
1. Kompetensi
Setiap manusia pasti memiliki kemampuan (kompetensi), siswa di Inggris selalu berusaha meyakinkan dan menunjukkan dirinya bahwa mereka memiliki kompetensi yang sangat dibutuhkan yang dapat berkontribusi pada kebaikan dan perkembangan ilmu pengetahuan, perubahan dan masa depan bangsa.
Mereka selalu meningkatkan wawasan. Keahlian. Keterampilan. Sumbangan pemikiran. Usul solusi dari sebuah masalah. Mereka sangat proaktif terlibat dalam komunitas-komunitas tertentu guna menunjukkan dirinya bahwa mereka adalah bagian dari masa depan sebuah Negara.
Termasuk yang memiliki nilai rendah, mereka tetap yakin bahwa ada sesuatu yang mereka bisa kontribusikan untuk orang lain. Bagaimana dengan kamu?
2. Responsibility
Kaki yang kedua adalah responsibility. Bertanggung jawab. Siswa di Inggris selalu berusaha bertanggung jawab atas apa yang mereka miliki. Sikap inilah yang membuat mereka selalu dipercaya untuk mendampingi setiap tamu yang datang di sekolahnya.
Merekalah yang menjelaskan sistem dan fasilitas sekolah yang dikunjungi. Kalau di Indonesia, umumnya siswa yang berprestasi yang ditugaskan untuk mendampingi tamu, namun di Inggris semua siswa berkesempatan yang sama untuk mendampingi para tamu.
Hal ini bisa terjadi karena adanya tanggung jawab dan kepercayaan diri yang tinggi dari para siswa. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama karena kamu pada prinsipnya memiliki semua yang dibutuhkan.
3. Apresiasi
Sedangkan kaki yang ketiga adalah apresiasi. Mendapatkan apresiasi dari sekolah merupakan kebanggaan tersendiri, itu yang selalu dilakukan oleh sekolah-sekolah di Inggris kepada siswa yang telah menjalankan tugasnya namun demikian kamu mesti menyadari bahwa apresiasi yang terbaik adalah ketika sekolah mempercayakan kamu untuk melaksanakan tugas tertentu dan kamu bisa melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Ingatlah bahwa tidak semua siswa diberi tugas oleh sekolah, tapi kamu malah dipercayakan karena kepercayaan tersebut adalah bentuk apresiasi yang tinggi dari sekolah atas kemampuan dan rasa tanggung jawabmu selama bersekolah di sekolah tersebut.
Ketiga aspek tersebut merupakan gambaran yang dimiliki siswa di Inggris yang dikenal dengan generasi yang penuh percaya diri tinggi dan kualitas mental SDM yang bisa bersaing di tingkat global.
Belum ada tanggapan untuk "Inilah Rahasia Siswa di Inggris memiliki Rasa Percaya Diri Tinggi"
Post a Comment