Ekonomi merupakan ilmu tentang bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya yang bermacam-macam, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Keluasan ilmu ekonomi dan minimnya waktu yang tersedia dalam pembelajaran di sekolah membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar terbatas dan fokus pada fenomena nyata ekonomi yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik, harapannya agar peserta didik dapat mengambil manfaat berdasarkan rekaman peristiwa ekonomi yang terjadi di sekitarnya untuk kehidupannya yang lebih baik.
Mata pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan di tingkatan formal. Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah pertama sebagai satu kesatuan dalam mata pelajaran IPS. Sedangkan pada tingkat pendidikan menengah atas (SMA), ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
Strategi pembelajaran dengan media kartu (card) MicMac dan Word Square merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan peserta didik dalam materi pembagian ilmu ekonomi mikro dan makro di tingkat SMA pada Kompetensi Dasar (KD) 3.1, yakni mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi dan Kompetensi Dasar 4.1, yakni menyajikan konsep ilmu ekonomi.
Penggunaan media kartu (card) MicMac dan Word Square dalam penerapannya dipadukan dengan games (permainan). Kelebihan penerapan games dalam pembelajaran adalah:
- Menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan (Sato and de Haan, 2016);
- Memunculkan atmosfir kompetitif, mengajarkan skills dalam memecahkan masalah (Rodkroh, Suwannatthachote, and Kaemkate, 2013);
- Meningkatkan minat dan keaktifan peserta didik (Nancy A. Neef et al., 2011).
Kartu (card) MicMac adalah kartu yang digunakan pada saat pembacaan studi kasus permasalahan ekonomi yang sedang hangat diperbincangkan. Dengan ini peserta didik mampu menghubungkan pengetahuan yang dipelajari dengan lingkungan atau dunia nyata di sekitar peserta didik. Sehingga hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik.
Kartu MicMac terdiri dari dua jenis kartu yakni kartu Micro dan kartu Macro. Tujuan digunakannya kartu ini adalah untuk mengidentifikasi jenis permasalahan ekonomi mikro atau permasalahan ekonomi mikro. Nama MicMac itu sendiri diambil masing-masing dari tiga huruf paling depan Micro dan Macro. Penggunaan media kartu dalam proses pembelajaran sudah tidak asing digunakan, seperti penelitian yang dilakukan oleh (Hapsari, 2010; Wasilah, 2012; Nugraha et al., 2013). penelitian penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Sedangkan Word Square merupakan salah satu jenis puzzle yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Mirip seperti mengisi teka-teki silang tetapi yang membuat berbeda adalah jawaban telah tersedia namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf penyamar atau pengecoh. Tujuan huruf pengecoh bukan untuk mempersulit peserta didik namun untuk melatih sikap teliti dan kritis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nancy A. Neef et al. (2011) perpaduan antara quiz atau puzzle dan sejenisnya dalam suasana games semakin meningkatkan jumlah jawaban benar, dibandingkan dengan tidak dalam suasana games.
MicMac Card dan Word Square cukup mudah diterapkan dalam pembelajaran di kelas karena di awal pembelajaran guru memberikan penguatan materi dan penjelasan terkait konsep dan materi yang akan dipelajari, guru juga membuat latihan di awal, sehingga peserta didik terbiasa sebelum melakukan kegiatan. Pendampingan selama pembelajaran berlangsung diharapkan mampu membuat peserta didik tidak mengalami kesalahan yang sama. Pembelajaran diakhiri dengan diskusi untuk menghubungkan aktivitas yang telah dilakukan dengan kenyataan.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "MICMAC CARD dan WORD SQUARE"
Post a Comment