Berikut adalah contoh soal pilihan ganda High Order Thinking Skills (HOTS) untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk siswa SMP:
1. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam sebuah percobaan:
Langkah 1: Menyiapkan dua wadah dengan air yang sama banyaknya.
Langkah 2: Meletakkan satu batang es di wadah pertama.
Langkah 3: Meletakkan satu batang es di wadah kedua.
Langkah 4: Mencatat waktu yang diperlukan untuk kedua batang es tersebut mencair.
Berdasarkan langkah-langkah di atas, yang merupakan variabel terikat dalam percobaan ini adalah...
a) Waktu yang diperlukan untuk batang es mencair.
b) Jumlah air yang digunakan.
c) Jenis batang es yang digunakan.
d) Suhu ruangan.
2. Seorang siswa menempatkan tanaman yang sama di dalam dua kotak yang berbeda. Kotak pertama diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, sedangkan kotak kedua diletakkan di tempat yang teduh. Setelah seminggu, siswa mengamati bahwa tanaman di kotak pertama lebih besar dan lebih hijau dibandingkan dengan tanaman di kotak kedua. Berdasarkan informasi tersebut, yang merupakan variabel bebas dalam percobaan ini adalah...
a) Warna tanaman.
b) Ukuran kotak.
c) Tempat penempatan kotak.
d) Jenis tanaman.
3. Seorang ilmuwan ingin menguji efek cahaya terhadap pertumbuhan tanaman. Ia menempatkan dua kelompok tanaman di ruang yang berbeda. Kelompok pertama dibiarkan mendapatkan cahaya matahari langsung, sedangkan kelompok kedua dibiarkan di dalam ruangan gelap. Setelah satu minggu, ilmuwan mengukur tinggi tanaman dari kedua kelompok tersebut. Berdasarkan eksperimen tersebut, apa kesimpulan yang dapat diambil?
a) Cahaya matahari langsung merusak tanaman.
b) Tanaman lebih cepat tumbuh dalam kegelapan.
c) Tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh.
d) Ruangan gelap membuat tanaman tidak bisa tumbuh.
4. Seorang siswa menyelidiki efek suhu terhadap laju reaksi kimia. Dia melakukan percobaan dengan mencampur dua larutan dalam dua wadah yang berbeda, satu pada suhu ruangan dan yang lainnya pada suhu yang lebih tinggi. Setelah mencatat laju reaksi dalam kedua wadah, siswa tersebut menemukan bahwa reaksi berlangsung lebih cepat pada suhu yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, apa kesimpulan yang tepat?
a) Suhu tidak memiliki pengaruh terhadap laju reaksi.
b) Reaksi kimia lebih lambat pada suhu yang lebih tinggi.
c) Suhu yang lebih tinggi meningkatkan laju reaksi kimia.
d) Laju reaksi kimia tidak bergantung pada suhu.
5. Seorang siswa mempelajari fotosintesis dan mengamati bahwa tanaman yang diletakkan di tempat gelap tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Dia ingin mengetahui apakah pencahayaan memengaruhi laju fotosintesis. Untuk menguji hipotesisnya, dia menempatkan beberapa tanaman di bawah intensitas cahaya yang berbeda dan mengukur laju fotosintesis dengan mengukur produksi oksigen dalam waktu yang sama. Apa yang akan menjadi variabel terikat dalam eksperimen ini?
a) Jumlah tanaman.
b) Intensitas cahaya.
c) Produksi oksigen.
d) Waktu pengukuran.
6. Seorang peneliti ingin mengetahui apakah konsentrasi pupuk memiliki efek yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman. Dia membagi tanaman menjadi empat kelompok dan memberikan setiap kelompok konsentrasi pupuk yang berbeda. Setelah sebulan, dia mengukur tinggi tanaman dari setiap kelompok. Apa yang menjadi variabel bebas dalam eksperimen ini?
a) Tinggi tanaman.
b) Waktu pengukuran.
c) Konsentrasi pupuk.
d) Jumlah kelompok tanaman.
Demikianlah beberapa contoh soal HOTS pilihan ganda untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di tingkat SMP
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Soal HOTS Pilihan Ganda mata Pelajaran IPA SMP"
Post a Comment