Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemampuan, dan ketrampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar.
Dilihat dari jenisnya, media pembelajaran dapat dibagi menjadi beberapa :
1. Media Audio
Media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang disampaikan melalui media audio dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, balk verbal maupun non-verbal. Jadi, semua data yang ada baik verbal maupun non-verbal dijadikan satu dalam bentuk suara. Pesan bisa bermacam – macam wujudnya bisa berupa audio lisan, bisa berupa instrument, bisa berupa vokalisasi, dan berbagai macam bunyi yang lain.
2. Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera pengelihatan. Media ini menyampaikan suatu informasi berupa gambar dan visual, ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slide, foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Adapula yag menampilkan gambar atau symbol yang bergerak, dan film kartun. Informasi yang disampaikan melalui media visual. Dapat mempercepat daya serap penerima informasi dalam memahami pesan yang disampaikan.
3. Media audio visual
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua.
Media ini dibagi dalam:
a. Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti viseo kaset.
b. Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya film yang gambarnya berasal dari proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape recorder.
Disamping itu para ahli media lainnnya juga membagi jenis-jenis media pengajaran itu kepada:
* Media bentuk papan;
* Media bagan dan grafis;
* Media proyeksi;
* Media dengar (audio);
* Media cetak atau printed materials.
Tujuan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Mempermudah proses belajar mengajar.
2. Meningkatkan efisiensi belajar mengajar.
2. Menjaga relevansi dengan tujuan belajar.
3. Membantu konsentrasi peserta didik.
4. Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
5. Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional.
6.,Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional.
7. Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa.
Sumber :
Perancangan Board Game Pengenalan Dinosaurus Untuk Anak Usia 8 – 12 Tahun, Steven Tan DKV, Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Media pembelajaran dan jenisnya"
Post a Comment