Dasar pelaksanaan PTK adalah adanya masalah. Melaksanakan penelitian karena ingin menemukan solusi atas masalah yang dihadapi, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Masalah jika tidak segera diatasi sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran. Olehnya itu dibutuhkan suatu tindakan yang tepat dari guru guna menyelesaikan masalah tersebut.
Tindakan lahir dari analisis yang dibarengi dengan data-data awal. Data-data diperoleh berdasarkan pengamatan guru, agar penelitian tidak melebar dibutuhkan instrumen dan variabel penelitian, kedua unsur ini bertujuan untuk membatasi peneliti sehingga tetap fokus pada masalah penelitian.
Kemudian masalah dikembangkan sehingga dapat melahirkan ide atau topik pembahasan. Lakukan identifikasi konsep atau teori-teori yang mendukung hipotesa yang akan dirumuskan oleh peneliti. Dari topik dan teori atau konsep, barulah peneliti dapat menentukan judul penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikerjakannya.
Jadi judul yang baik pada sebuah karya ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas harus merefleksikan dua hal yakni topik dan konsep yang akan diteliti, judul juga harus fokus, wilayah penelitian dapat dijangkau artinya jangan terlalu luas misalnya hanya pada sekolah a di kelas II/b, dengan demikian dapat menentukan kualitas dan tingkat keberhasilannya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana merumuskan judul PTK yang baik dan benar"
Post a Comment