Agar PTK menghasilkan solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi, proses penyusunan PTK harus memperhatikan beberapa aspek. Sedikitnya ada tiga aspek yang menjadi fokus perhatian guru selama melaksanakan PTK. Ketiganya adalah aspek metode, kompetensi guru dan siswa.
a. Metode belajar yang digunakan pada satuan pendidikan,
Metode belajar merupakan cara guru melakukan pendekatan kepada siswa atau dapat pula dijelaskan sebagai gaya yang dilakukan oleh guru mengelola kelas belajar selama proses pembelajaran. Metode menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran, misalnya metode pembelajaran kooperative learning. Bagaimana mendorong siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas atau proses pembelajaran secara kolaboratif atau kerjasama dalam kelompok. Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan, respon siswa, dan kesiapan media pembelajaran. Kalau tidak tersedia media yang menunjang pembelajaran, guru harus merancang media inovatif guna meningkatkan motivasi belajar siswa.
b. Kemampuan artikulasi guru dalam menjabarkan konsep-konsep melalui metode belajar yang digunakan.
Tujuan pembelajaran adalah agar siswa menjadi “tahu sesuatu”. Untuk mengetahui sesuatu maka siswa harus mampu memahami konsep-konsep tentang sesuatu itu. Kemampuan siswa melakukan analisis terhadap sesuatu membutuhkan bantuan dari guru. Dengan demikian guru harus selalu meningkatkan kompetensinya agar mampu menguraikan dan menjabarkan konsep-konsep menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami oleh siswa. Sumber belajar dan bahan ajar harus lebih variatif, menantang dan menyenangkan, sehingga siswa terdorong untuk terus belajar.
c. respons siswa terhadap metode belajar yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar
Metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaliknya metode pembelajaran yang membingungkan atau bersifat ambigu bagi siswa dapat menurunkan motivasi belajarnya. Kesalahan menerapkan metode pembelajaran berdampak pada keberhasilan pembelajaran.
Berikutnya, guru harus manguasai metode pembelajaran, jangan menerapkan metode yang baru dikenalnya. Pembelajaran bukan sesuatu yang dicoba-coba karena akan berpengaruh secara psikologis bagi siswa. Oleh karena itu sebelum menerapkan metode yang diinginkan atau metode yang diyakini menjadi solusi, maka guru wajib menguasai metode pembelajaran tersebut sebelum diterapkan kepada siswa.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "3 Aspek yang menjadi perhatian guru melakukan PTK"
Post a Comment