Ulangan biasanya dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi siswa, suasana tegang selalu terpancar di wajah siswa sehingga mengakibatkan siswa kehilangan fokus. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil yang dicapai oleh siswa, dengan demikian guru tidak memperoleh data dan nilai valid, akurasi data menjadi berkurang walaupun mereka telah mempersiapkan diri jauh hari sebelum pelaksanaan ulangan.
Di sisi lain, data yang akurat dan valid sangat diperlukan oleh guru, nilai yang diperoleh akan menjadi bahan analisis tentang sejauhmana tingkat penguasaan terhadap kompetensi yang diberikan. Suasana menegangkan dalam pengumpulan data, hasilnya sudah bisa dipastikan bahwa nilai yang diperoleh jauh dari harapan. Sehingga sangat memungkinkan ada siswa yang mendapat predikat baik dan aktif selama mengikuti proses belajar mengajar justru memperoleh hasil yang tidak memuaskan.
Olehnya itu, dibutuhkan suatu cara, metode atau strategi yang tepat dalam pengumpulan data. Ulangan yang biasanya menegangkan, dikondisikan sedemikian rupa sehingga ulangan tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan atau menegangkan melainkan sesuatu yang menyenangkan.
Salah satu desain ulangan yang bisa di praktekkan adalah mengadopsi system undian berhadiah. Guru hanya membuat beberapa soal yang ditulis dikertas, satu soal satu kertas, kemudian dilipat atau digulung, kertas ini dapat dikatakan sebagai kupon soal yang di jawab oleh seluruh siswa. kemudian minta salah satu siswa untuk melakukan penarikan kupon. Kupon yang dipilih oleh siswa dibaca didepan kelas, kemudian meminta siswa untuk menjawabnya. Pada soal berikutnya, mintalah siswa lainnya untuk melakukan hal yang sama sampai dengan sejumlah soal yang diinginkan.
Selanjutnya, agar lebih menarik lagi maka tambahkan salah satu kupon yang berisi “BONUS SATU SOAL BENAR”, artinya jika dalam penarikan kupon soal, mereka mendapatkan kupon ini maka semua siswa di kelas tersebut dianggap telah menjawab satu soal dengan benar. Anda pasti sudah bisa membayangkan suasana kelas, mereka semua akan berharap sekali untuk mendapatkan kupon ini. Tentunya, suasana demikian mampu mempengaruhi mental dan jiwa siswa, ketegangan yang dihadapi oleh siswa menjadi cair oleh suasana yang menyenangkan. Sehingga dapat mengembalikan fokus siswa mengikuti ulangan, hasil yang diperoleh bisa dikatakan akurat karena siswa menjalaninya dalam kondisi rileks, tenang, dan senang.
Inilah salah satu cara bagaimana membuat suasana ulangan menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa, cara ini sangat sederhana namun demikian hasilnya justru dapat memicu motivasi dan semangat belajar siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Cara membuat suasana ulangan menjadi menarik bagi siswa agar diperoleh data valid dan akurat"
Post a Comment