Kepala sekolah sebagai seorang manajer di sekolah kemampuannya dalam melaksanakan fungsi manajerial sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang berasal dari dalam diri (internal factor) maupun yang berasal dari luar diri (external factor). Kemampuan kepala sekolah dalam mengidentifikasi dan meminimalisir faktor-faktor dominan yang mempengaruhinya akan mendorong optimalisasi pelaksanaan fungsi manajerial.
Terry (1991:25) menyatakan bahwa “faktor lingkungan berpengaruh terhadap fungsi-fungsi manajerial”. Faktor lingkungan dapat dibagi menjadi komponen intern dan komponen ekstern. Komponen intern mencakup mencakup kondisi-kondisi kerja pada umumnya yang dilakukan oleh unsur-unsur luar ke dalam sebuah unit kerja, sedangkan faktor ekstern dapat dibagi menjadi (1) sosial (2) pemerintahan (3) ekonomi (4) teknologi. Untuk mengatasi pengaruh lingkungan tersebut maka manajer yang sukses dapat memenghindari kesalahan dengan membuat asumsi bahwa seluruh anggota kelompok kerja memiliki nilai-nilai yang mendekati nilai yang dipegang oleh manajer tersebut.
Elsbree (Burhanuddin, 1994) mengungkapkan keberhasilan kepemimpinan sangat bergantung pada faktor-faktor sebagai berikut:
- Karakteristik kelompok yang dipimpin; kepala sekolah hendaknya terampil dalam menggerakkan kelompok yang dipimpinnya.
- Tujuan-tujuan kelompok; kepala sekolah harus mampu menyesuaikan tujuan ke dalam tujuan-tujuan kelompok.
- Pengetahuan yang dimiliki kelompok; keberhasilan anggota-anggota kelompok dalam melaksanakan tugas-tugas yang digariskan sangat ditentukan oleh tingkat pengetahuan yang dimiliki terutama mengenai bidang tugasnya.
- Moral kelompok; diartikan sebagai suatu disposisi (tabiat) anggota kelompok organisasi yang menunjukkan tingkah laku menyokong tujuan-tujuan organisasi.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajerial kepala sekolah"
Post a Comment